image_20180120_072156_6

Yuk, Kenali Aneka Penyebab Mata Katarak!

image_20180120_072156_6

Katarak merupakan salah satu jenis penyakit yang paling banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. bahkan, Indonesia juga menduduki peringkat pertama dengan jumlah penderita mata katarak terbanyak se-Asia Tenggara. Penyakit katarak sendiri paling umum terjadi pada seseorang dengan usia di atas 40 tahun. Namun, belakangan ini penyakit mata katarak juga semakin banyak dijumpai pada usia dewasa, remaja, anak-anak, bahkan bayi sekalipun. Penyebab katarak sendiri belum dapat diketahui secara pasti. Di dunia kedokteran, mata katarak pada usia manula disebabkan karena menurunnya produksi protein di bagian lensa mata sehingga menyebabkan lensa berubah menjadi buram atau keruh. Selain disebabkan oleh faktor usia, ada banyak hal lain yang menjadi pemicu terjadinya katarak pada mata.

Inilah Beberapa Hal Yang Meningkatkan Risiko Penyakit Mata Katarak

Hal-hal yang dapat menjadi penyebab katarak, antara lain:

  1. Memiliki riwayat penyakit katarak dari keluarga

Jika memiliki anggota keluarga yang mengidap penyakit katarak, maka hal tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit katarak.

  1. Terpapar radiasi atau sinar UV

Sinar ultraviolet terbukti dapat menyebabkan katarak. Jika mata terpapar sinar UV secara berlebihan, maka hal tersebut dapat menjadi faktor penyebab terjadinya penyakit mata katarak.

  1. Trauma atau Cedera

Trauma dan cedera pada mata yang menyebabkan mata mengalami pembengkakan, pemutihan serat, dan penebalan hingga menembus mata merupakan faktor yang sangat mungkin menjadi penyebab terjadinya katarak pada mata.

  1. Rokok dan Alkohol

Selain tidak baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru, konsumsi rokok dan alkohol dalam jumlah berlebih secara rutin ternyata juga menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko timbulnya katarak pada mata.

  1. Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Mengonsumsi beberapa obat tertentu ternyata juga bisa menjadi faktor penyebab mata katarak. Sebagai contoh inhalasi kortikosteroid yang dapat meningkatkan pengembangan katarak.

  1. Metabolik dan Penyakit Gizi

Diabetes mellitus, rubella, sifillis kongential, sindrom down, galaktosemia, dan uveitis merupakan beberapa jenis penyebab terjadinya mata katarak.

Faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab katarak memang cukup banyak. Oleh karena itu, Anda harus menjaga pola hidup dengan baik sehingga bisa terhindar dari gangguan katarak pada mata. Seperti yang kita ketahui, bahwa katarak merupakan penyakit yang cukup berbahaya karena bisa menyebabkan kebutaan. Oleh karena itu, jaga dan sayangi mata Anda mulai dari sekarang juga!

Related posts: